Kredit Sepeda Motor Murah | Kredit Motor Murah

2,425 views March 9th, 2011 by admin Leave a reply »

Tidak bisa dipungkiri bahwa Sepeda Motor menjadi alat transportasi yang paling fleksibel dan murah. Jumlah pemakai kendaraan sepeda motor di Jakarta saja sudah mencapai 6,6juta lebih dan akan terus bertambah. Ini membuktikan kebutuhan sepeda motor setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup drastis.

Salah satu cara favorit untuk memiliki kendaraan sepeda motor adalah dengan cara kredit. Banyak dealer menawarkan beragam kemudahan dalam kredit motor baik dengan memberikan DP ringan, tanpa DP dan beragam hadiah sehingga orang berlomba-lomba untuk kredit motor dan mengakibatkan banyak terjadi kredit macet. Akhirnya banyak motor yang ditarik dealer karena tidak sanggup membayar cicilan. Sangat ironis memang, tapi memang begitulah kenyataannya.

Sebelum Anda kredit motor, ada baiknya memperhatikan beberapa tips berikut ini :

1. Pastikan motor yang Anda sukai dan sesuaikan dengan kemampuan budget
Banyak sekali motor-motor keluaran baru belakangan ini…dari yang hanya ganti nama, ganti baju, ganti mesin dan juga ganti harga…ada model matik, bebek dan juga sport ..tentukan pilihan sesuai selera…tapi ingat harus sesuaikan dengan budget.

2. Datangi dealer motor tersebut
Ada baiknya jika sudah menentukan motor-motor pilihan agar datang ke dealer untuk sekedar bertanya, melihat langsung dan jika bisa test drive. Jadi sebelum membeli, Anda bisa merasakan kualitas motor itu.

3. Apakah motor tersebut ready stock?
Terkadang jika Anda sudah menyukai satu motor, Anda mendapat kendala dengan proses indent. Sebisa mungkin cari motor yang ready stock agar bisa dengan cepat digunakan. Jika motor ready stock maka Anda akan lebih cepat dalam memperoleh STNK. Lamanya mendapatkan STNK setelah motor diantar kerumah berkisar 2 minggu, jika harus indent anggaplah 2 minggu lamanya. Berarti bisa dibayangkan berapa lama Anda akan mendapatkan STNK nya. Tapi jika memang Anda mau dengan motor yang tidak ready stock, silahkan..tapi harus bisa Anda pastikan dengan pihak dealer berapa lama pastinya lama indent.

4. Tentukan lembaga pembiayaan yang berkualitas
Setelah Anda menetapkan akan membeli sebuah motor yang benar-benar diminati dengan cara kredit, maka agan-agan harus menentukan mana lembaga pembiayaan yang terbaik.

5. Pastikan cara memperoleh fasilitas kredit mudah dan murah
Setiap lembaga pembiayaan memiliki prosedur yang berbeda, jadi jangan pernah samakan peraturan antara lembaga pembiayaan yang satu dengan yang lainnya.
Apa saja dokumen yang dibutuhkan? Dokumen yang umum dibutuhkan KTP, KK, slip gaji, copy buku tabungan, copy rekening listrik PLN PBB, dll.

Berapa besar rate bunga? Ini bisa Anda bicarakan dengan marketing leasing

Bisakah saya mendapatkan diskon DP yang seharusnya saya dapatkan? Setiap dealer pasti memberi diskon pada tiap motornya dan besarnya berbeda-beda. Jadi cari tahu mana dealer yang bisa memberi diskon paling besar lalu bicarakan dengan marketing leasingnya untuk mengambil motor dari dealer yang Anda tunjuk.

Satu hal yang paling penting lagi yaitu semakin banyak tenor maka semakin besar keuntungan yang didapat perusahaan pembiayaan dan Anda akan semakin banyak mengeluarkan uang untuk melunasi motor itu

6. Fasilitas apa saja yang diberikan oleh lembaga pembiayaan tersebut
Jangan langsung tergiur dengan hadiah-hadiah yang diberikan, piring cantik, kipas angin, payung cantik, rice cooker. Tapi Anda harus perhatikan fasilitas yang paling penting yang bisa Anda pelajari dari point 7 sampai 11

7. Carilah lembaga pembiayaan yang memiliki banyak kemudahan dalam cara pembayarannya
Banyak cara pembayaran yang diberikan oleh suatu lembaga pembiayaan. Carilah yang bekerja sama dengan banyak BANK yang ada di indonesia, jadi jika Anda tidak bisa membayar langsung ke kantor cabang lembaga pembiayaan tersebut Anda bisa melakukan pembayaran dari fasilitas BANK yang Anda gunakan seperti pembayaran lewat ATM, SMS Banking, Internet Banking, dll.

8. Bagaimana dengan keamanan BPKB yang di agunkan?
Disini yang membedakan, ada lembaga pembiayaan yang BPKB agunan milik konsumen diagunkan kembali untuk mendapatkan dana segar, ada juga BPKB di simpan dengan aman dan baik di tiap cabangnya, ada juga lembaga pembiayaan yang menempatkan BPKB agunan di lembaga-lembaga yang menyediakan fasilitas penyimpanan dokumen penting.

9. Pelajari perhitungan denda keterlambatannya
Pastinya Anda juga tidak mau mengalami keterlambatan dalam pembayaran. Tetapi ada suatu ketika Anda dihadapkan dengan suatu kondisi dimana Anda tidak bisa membayar angsuran dengan tepat waktu. Jadi supaya tidak merasa tertipu atau dipermainkan, maka sebaiknya pelajari masalah perhitungan besar denda

10. Tanyakan apa asuransinya
Maskapai asuransinya apa, Apa saja yang tercover oleh asuransi dan apa saja yang tidak. Berapa lama proses klaim asuransi. Dan dalam bentuk apa pengembalian asuransinya. Ini jangan sampai Anda sepelekan. Anda juga gak mau kan rugi sudah membayar DP yang besar dan angsuran yang besar tetapi hasil pengembalian asuransinya mengecewakan.

11. Bagaimana dengan sistem pelunasannya? Kapan bisa mendapatkan BPKB?
Wajarnya cara pelunasan adalah Anda membayar angsuran sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan. Tapi Anda juga bisa melakukan prepayment (pembayaran/pelunasan dipercepat), memang akan dikenakan denda prepayment sebesar 5% dari hutang pokok, tapi Anda harus tanyakan berapa besar potongan pembayaran yang diperoleh. Dan jika lembaga pembiayaan itu memang baik pasti bisa menyerahkan BPKB kapan saja pada saat Anda melakukan pelunasan.

12. Bagaimana jika Anda melakukan keterlambatan dalam pembayaran yang cukup lama?
Tanyakan berapa lama masa yang diberikan yang bisa ditolerir dengan tidak diberikan denda jika Anda melakukan keterlambatan dalam pembayaran. Jika Anda tidak bisa melakukan pembayaran dalam masa yang bisa ditolerir tersebut, Apakah Anda bisa mendapatkan waktu atau istilahnya JB (janji bayar) agar unit kendaraan Anda tidak ditarik. Jangan sepelekan masalah JB tersebut, jangan salahkan pihak collector jika mereka menarik unit kendaraan Anda karena Anda tidak menepati masa JB tersebut. Dan jika kendaraan Anda ditarik tanyakan berapa lama waktu yang diberikan untuk bisa menebusnya kembali sebelum motor tersebut di lelang.

 

Artikel Terkait:

Pencarian Kata Kunci Untuk Artikel ini :

Leave a Reply

*

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.
You might also likeclose